Sosbud dalam PNF

Dalam menghadapi dan mempelajari perubahan masyarakat dan kebudayaan (nasional dan global), disiplin disiplin ilmu pendidikan nonformal bergerak melalui berbagi perspektif, kemukakan beberapa perspektif itu dalam mempelajari gejala perubahan masyarakat dan kebudayaan dengan disertai contoh nyata dan implikasinya terhadap ragam program pendidikan non formal.

Perspektif mengenai pendidikan nonformal

1. Perspektif Ilmu

Pendidikan nonformal adalah sebuah kajian ilmu yang mencangkup banyak hal di dalamnya, ilmu yang mempelajari manusia dan lingkungan , manusia dan kebutuhan pendidikan, manusia dan kebutuhannya untuk memenuhi kainginan.

2. Perspektif budaya

Pendidikan Nonformal dalam perspektif budaya adalah suatu ilmu yang mengkaji dan dipengaruhi oleh budaya

3. Perspektif perubahan social

Pendidikan nonformal dalam perspektif peribahan social adalah sebuah strategi

4. Persprekstif perkembangan biologis, psikologis, dan sosiologis

Pendidikan nonformal memberikan keterangan dan melkaukan penyesuaian dengan perkembangan biologis, psikologis dan sosiologis.

Contoh program PNF yang diwarnai keragaman perubahan masyarakat dan kebudayaan:

1. Program Pendidikan Kesetaraan

Dengan pendekatan Kelompok Belajar Mnadiri berbasis Teknologi

2. Program Pendidikan Anak Usia Dini

Dengan Pendekatan BCCT (Beyond Centre and Circle Time)

3. Program Pendidikan Perempuan

Dengan Pendekatan anti Traffiking

4. Program Pendidikan Keaksaraan

Dengan pendekatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: